Wednesday 3 January 2018

Ilmu Tasawuf

Ilmu Tashowwuf adalah ilmu yg mempelajari tentang usaha membersihkan diri, berjuang memerangi hawa nafsu, mencari jalan kesucian dengan Ma’rifat menuju keabadian,saling mengingat kan antara manusia, serta berpegang teguh pada janji ALLAH dan mengikuti syari’at Rosululloh dalam mendekatkan diri dan mencapai keridhoan NYA.Satu satunya jalan yg dapat mendekatkan diri kepada ALLAH harus mengerjakan 4 perkara yaitu:1. Syari’at maksudnya mendirikan perintah perintah Hukum ALLAH dan menjauhi laranganNYA serta mengerti melaksanakan hukum hukum agama Islam.
2. Thoriqoh maksudnya Metode/Jalan agama agar lebih telitii dan bersungguh sungguh mendirikan perintah dan melatih diri (Riyadho) serta ibadah kepada ALLAH SWT.
3. Hakekat maksudnya Kebenaran yang Haq sampainya maksud dan dapat merasakan lezatnya dan nikmatnya ibadah kepada ALLAH.
4. Ma’rifat maksudnya ‘pengetahuan atau pengalaman’. Ma’rifat dapat pula berarti ‘pengetahuan rahasia Haqiqoh agama yaitu ilmu yg lebih tinggi dari pada ilmu yg di dapat oleh orang orang pada umumya’. Ma’rifah merupakan pengetahuan yg objeknya bukan hal hal yg bersifat dzahir, tetapi lebih bersifat bathin dengan memahami RAHASIANYA. Pemahaman ini berwujud penghayatan atau pengalaman kejiwaan. Ma’rifah sering digunakan untuk menunjukkan salah satu tingkatan atau hal (kondisi psikologis) dalam tasawuf. Dalam wacana sufistik, Ma’rifah diartikan sebagai pengetahuan mengenai Tuhan melalui hati sanubari .Syari’at itu di ibaratkan seperti bahtera yg mejadi alat yg bisa berlayar di lautan. Thoriqoh seperti lautan yg ada mutiaranya. Dan mutiara itu adalah Hakekat yg dicari dalam thoriqoh.Memiliki Mutiara adalah Ma’rifat.

No comments:

Post a Comment